Abstract :
ABSTRAK;
Aplikasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional
Merupakan Aplikasi LAPOR! adalah layanan penyampaian semua aspirasi
dan pengaduan rakyat secara daring yang terintegrasi dalam pengeolaan
pengaduan secara berjenjang pada setiap penyelenggara pelayanan publik
dan dikelola oleh kementrian PAN RB RI dengan Kantor Staf Presiden dan
Ombudsmn Republik Indonesia. Strategi Pengelolaan Pengaduan
Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan menggunakan Aplikasi S4PN
LAPOR! Untuk Mengatasi Pengaduan SP4N-LAPOR! Pengelolaan
Pengaduan Pelayanan Publik perlu dilakukan secara berkelanjutan dan
konsisten dalam upaya mewujudkan pelayanan prima dan berkualitas. Kita
ketahui bahwa paradigma pelayanan publik berkembang dengan fokus
pengelolaan yang berorientasi pada kepuasan pelanggan/ masyarakat.
Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan feedback dari masyarakat sebagai pengguna layanan. Salah satu bentuk feedback yang dapat dilakukan masyarakat sebagai pengguna layanan adalah melalui pengaduan di Pemerintah Provinsi Jawa Timur Untuk Mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik dan peningkatkan efektifitas pengelolaan pengaduan. Strategi Pengelolaan Pengaduan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan menggunakan Aplikasi SP4N-LAPOR! Aplikasi berbentuk elektronik tersebut merupakan bentuk dari e-government yang bertujuan untuk memberikan pelayanan publik (publik service) kepada masyarakat yang baik (good service)