Abstract :
Dengan banyaknya data para customer, marketing mengalami beberapa
masalah seperti tidak dapat membuka gambar customer saat bertemu langsung karena
harus membuka file melalui laptop atau komputer, tidak terdapat database untuk
menyimpan data customer dan jarak customer dari perusahaan yang jauh membuat
transaksi kurang efektif dan efisien. PT Atmi Duta Engineering ingin mempermudah
marketing dan customer dengan membuat sebuah sistem Electronic Customer
Relationship Management (E-CRM) berbasis website yang berguna untuk membuka
gambar dari customer dan bisa dibuka dimana saja dan adanya database untuk
menyimpan data para customer agar tidak hilang dan bisa membuat penawaran resmi.
Metode pengembangan sistem yang digunakan pada sistem ini adalah waterfall.
Metode ini menyediakan alur yang berurutan, mulai dari analisis sistem, desain
perancangan sistem, implementasi sistem, pengujian sistem dan pemeliharaan sistem.
Metode pengujian yang digunakan untuk menguji Sistem Electronic Customer
Relationship Management (E-CRM) pada PT Atmi Duta Engineering Berbasis Website
adalah metode black box dimana setiap tampilan dan fungsi yang ada di dalam sistem
E-CRM ini akan di uji. Hasil pengujian yang dilakukan dapat berjalan dengan baik dan
sesuai fungsinya.
Kesimpulan dari Sistem Electronic Customer Relationship Management (ECRM)
pada PT Atmi Duta Engineering Berbasis Website adalah mempermudah
marketing dalam manajemen data customer dan mempermudah customer untuk
menyimpan data gambar dan mempermudah marketing dalam pembuatan penawaran
resmi.