Institusion
Universitas Kusuma Husada Surakarta
Author
Dian Agustina Putri Ayu Pertiwi, Dian
Subject
Datestamp
2024-09-11 08:54:41
Abstract :
Kepuasan pasien non BPJS merupakan tingkat perasaan pasien setelah menerima
suatu pelayanan kesehatan dan membandingkannya dengan harapannya. Faktor yang
mempengaruhi tingkat kepuasan pasien non BPJS adalah kualitas pelayanan kesehatan.
Semakin tinggi nilai kualitas pelayanan kesehatan yang di terima oleh pasien, maka
berpengaruh pada tingkat kepuasan pasien non BPJS. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat inap non BPJS.
Jenis penelitian yang dipakai adalah bersifat analitik dengan pendekatan cross
sectional. Teknik sampling yaitu dengan metode sampling incidental (accidental
sampling). Dengan besar sampel 80 responden yang memenuhi kriteria inklusi. Teknik
pengumpulan data yaitu menyebarkan kuisioner. Uji analisis yang digunakan adalah chi
square test.
Hasil penelitian : menunjukkan nilai p value = 0,03 < ? = 0,05 maka H0 ditolak
H1 diterima artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan kesehatan
dengan kepuasan pasien non BPJS di ruang inap RSUD Dr. R. Soedjati Soemodiardjo
Purwodadi.
Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Non BPJS
Daftar Pustaka : 26 (2013 ? 2023