Abstract :
UKM ?DWI PUTRA? merupakan industri kecil yang bergerak di bidang
pembuatan kerupuk bawang yang berada di desa Pongangan kecamatan Manyar Gresik.
Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1994 dan belum mengalami perkembangan secara
sikninifikan. UKM ?DWI PUTRA? juga belum memilik strategi yang baik dalam
pengembangan usahanya bahkan mengalami ketidaksatabilan dalam penjualan
produknya, hal tersebut dapat disebabkan karena bertambah banyaknya jumlah pesaing
sejenis yang berada di kawasan Gresik, sehingga itu perusahaan dituntut untuk
merancang strategi ? strategi pemasaran yang lebih baik.
Penelitian ini dilakukan untuk merumuskan strategi pemasaran sesuai dengan
kondisi internal dan eksternal perusahaan. Analisis lingkungan internal dan lingkungan
eksternal dapat dijadikan acuan utama untuk melakukan perbaikan strategi pemasaran.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT (Strenght
Weaknesses Opportunities Threats). Di dalam analisis SWOT terdapat beberapa matrik
yaitu matrik IFE (Internal Factor Evaluation) dan EFE (External Factor Evaluation),
digunakan untuk mencari bobot skor, Matrik I-E digunakan untuk mencari devisi sel
perusahaan, dan Matrik SWOT untuk memformulasikan alternatif startegi. Penentuan
strategi paling menarik menggunakan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix).
Dari penelitian yang dihasilkan, diperoleh bobot skor matrik IFE sebesar 2,388
sedangkan pada matrik EFE diperoleh bobot skor sebesar 2,388. Dari bobot skor yang
telah diperoleh, perusahaan bisa melaksanakan startegi mempertahankan dan memelihara.
Dari formulasi matrik SWOT didapatkan sembilan alternatif strategi yang akan
ditentukan dengan menggunakan QSPM. Dari hasil pengolahan QSPM terdapat nomor
urut pertama yaitu strategi Menjaga hubungan dan komunikasi yang baik dengan
karyawan, pelanggan dan pemasok bahan baku dengan skor 4,963 dan startegi yang
paling akhir yaitu menerapkan startegi efisiensi atau low cast dengan skor 4,551. Dari
hasil ini dapat bermanfaat bagi perusahaan untuk bersaing dengan pesaingnya dan
mengembangankan usahannya.