Institusion
Universitas Muhammadiyah Gresik
Author
Rochma, Maulida Hardiyanti
Subject
Education
Datestamp
2022-10-12 09:33:57
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik
pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V MI Roudlotul Muta?allim
dengan menerapkan model make a macth. Penelitian ini merupakan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 1 siklus 2 pertemuan. Desain
penelitian ini menggunakan model Kemmis dan MC Taggart, dimana model
tersebut memiliki tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan observasi,
refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V sebanyak 8 peserta
didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan
dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar angket motivasi belajar
peserta didik. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa motivasi
belajar peserta didik telah meningkat pada siklus I. Berdasarkan hasil angket
motivasi belajar peserta didik meningkat dari data awal 62 % meningkat menjadi
87 % pada siklus pertama. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan
model pembelajaran make a match dapat meningkatkan motivasi belajar peserta
didik pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V MI Roudlotul
Muta?alim.