Abstract :
Tujuan penelitian pengembangan yaitu untuk menghasilkan suatu produk bahan
ajar berupa E-LKPD disertai komik berbasis guided inquiry yang menari minat
belajar dan layak digunakan oleh peserta didik. Penelitian pengembangan ini
menggunakan model 4D yang disarankan oleh Thiagarajan, Semmel dan
Semmel (1974). Model 4D ini memiliki 4 tahapan yaitu 1) define (pendefinisian)
dilakukan untuk menentukan analisis kebutuhan peserta didik, 2) design
(perancangan) dilakukan untuk mendesain produk, 3) develop (pengembangan)
dilakukan untuk mengembangkan media bahan ajar, 4) dissimenate
(penyebaran) adalah tahapan dengan penggunaan skala lebih luas. akan tetapi
penelitian ini hanya di lakukan sampai tahap develop. Aplikasi yang telah layak
digunakan dapat di akses melalui smartphone. Produk yang telah dikembangkan
sudah dilakukan validasi oleh ahli desain dan materi, hasil yang diperoleh dari
ahli desain yaitu 95% dengan kriteria “sangat baikâ€, ahli komik yaitu 97% dengan
kriteria “sangat baik†dan ahli materi yaitu 94% dengan kriteria “sangat baik†dan
uji coba kepada peserta didik diperoleh hasil 98% dengan kriteria “sangat baikâ€
Berdasarkan validasi ahli desain, materi, dan uji coba kelompok kecil maka
produk berupa E-LKPD yang dikembangkan sudah layask digunakan oleh
peserta didik.