Abstract :
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan LKPD berbasis
collaborative learning, untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dengan
mengembangkan kurikulum saat ini dengan menekankan aspek mulai dari
kognitif, afektif dan psikomotorik, serta untuk mengetahui seberapa besar
keterampilan proses sains yang di capai oleh peserta didik melalui LKPD
berbasis collaborative learning. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan.
Desain pengembagan menggunakan R&D. uji coba dalam penelitian ini adalah
peserta didik kelas X. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penilaian yang
telah dilakukan pada lembar kegiatan peserta didik (LKPD) berbasis
Collaborative Learning (CL) untuk meningkatkan keterampilan proses sainspada
pokok bahasan materi Fungi/Jamur yang dikembangkan mendapatkan kriteria
“sangat layak†untuk digunakan sebagai bahan ajar dan diterapkan dalam
pembelajaran, dibuktikan dengan nilai persentase total 85% (sangat layak) oleh
ahli materi dan nilai persentase total 84,3% (sangat layak) oleh ahli desain.
Berdasarkan nilai-nilai persentase total yang telah diberikan oleh ahli validator
disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan yaitu berbasis Collaborative
Learning (CL) untuk meningkatkan keterampilan proses sains sangat layak
digunakan.