Institusion
Universitas Muhammadiyah Metro
Author
wasilah alintani, zuhrotil
Subject
Manajemen
Datestamp
2022-02-15 07:36:23
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, lokasi dan
pelayanan terhadap loyalitas konsumen. Jenis penelitian yang digunakan pada
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Obyek penelitian ini adalah jasa
Laundry Happy Wash 21 yang berlokasi di jalan Tengger No. 11 Yosorejo Metro
Timur, Kota Metro, Lampung. Dalam setiap kegiatan usaha, pada dasarnya
bertujuan untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal guna
mempertahankan keberadaan perusahaan di tengah persaingan. Fungsi laundry
sendiri antara lain melaksanakan pencucian laundry (cara pencucian atas
bahan/pakaian dengan mempergunakan air) dan dry cleaning (cara pencucian
atas bahan/pakaian dengan mempergunakan bahan kimia/solvent) atas semua
bahan/pakaian yang dicucikan. Demikian pula dengan laundry happy wash yang
lebih berorientasi pada upaya untuk mengarahkan konsumen maupun calon
konsumen untuk berminat menggunakan jasa laundry. Jumlah populasi
sebanyak 65 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan SPSS 25 dan
20 meliputi uji persyaratan instrument uji persyaratan analisis, uji hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga tidak
berpengaruh dan tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen, variabel lokasi
berpengaruh dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, dan variabel pelayanan
tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen. Sedangkan
secara uji simultan harga, lokasi dan pelayanan berpengaruh dan signifikan
terhadap loyalitas konsumen. Sehingga perhitungan tersebut dapat di simpulkan
bahwa variabel independen berpengaruh secara simuItan berpengaruh dan
signifikan variabel dependen.