Abstract :
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan
bahwa hasil pengumpulan data dalam penelitian dari 26 peserta didik yang
diberikan perlakuan (treatment) menggunakan media pembelajaran discovery
learning Berbantu Mind Mapping terhadap hasil belajar ekonomi peserta didik
kelas X SMAN 01 MERAKSA AJI tahun pelajaran 2020/2021, peserta didik yang
telah tuntas dalam pembelajaran ekonomi adalah sebanyak 26 peserta didik atau
sebesar 82,40%. Sedangkan peserta didik yang belum tuntas adalah sebanyak 6
peserta didik atau sebesar 17,60%. Pada pengujian dengan menggunakan
rumus regresi linier sederhana diperoleh = 15,56, = 0,04 sehingga dengan
demikian
?
= +
?
, adalah
= 15,56 + 0,04 . Maka berdasarkan hasil
analisis yang telah dilakukan terbukti bahwa ada pengaruh yang positif
penggunaan media pembelajaran discovery learning berbantu mind mapping
terhadap hasil belajar ekonomi peserta didik kelas X IPS SMAN 01 Meraksa Aji
tahun pelajaran 2020/2021. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan analisis data
bahwa thitung > ttabel , pada taraf signifikan 5% yaitu 3,03 > 1,69. Dengan demikian
ada respon yang positif peserta didik terkait penggunaan media pembelajaran
discovery learning berbantu mind mapping terhadap hasil belajar ekonomi, maka
dapat dikatakan bahwa hipotesisnya diterima.