Abstract :
Munculnya lembaga keuangan syariah maupun unit usaha syariah di
Indonesia disebabakan oleh jumlah mayoritas penduduk Indonesia yang beragama
islam. Kehadiran lembaga keuangan syariah dan juga unit usaha syariah
diharapkan mampu menjalankan kegiatan operasionalnya sesuai dengan situasi
dan kondisi masyarakat saat ini, baik dibidang sosial, ekonomi, maupun politik serta
budaya masyarakat Indonesia. Dalam upaya mencapai tujuan untuk menarik
minat konsumen, pencapaian kepuasan nasabah sangat erat kaitannya dengan
kelangsungan perusahaan dan kuatnya pertumbuhan perusahaan di masa
depan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Keandalan,
Daya Tanggap, Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Kspps Bmt Assyafi?iyah
Berkah Nasional Cabang Pekalongan. Dalam Penelitian ini menggunakan data
primer yang dikumpulkan dengan metode explanatory survey. Obyek penelitian
ini adalah Nasabah Kspps Bmt Assyafi?iyah Berkah Nasional Cabang
Pekalongan. Sampel yang digunakan sebanyak 85 responden. Pada penelitian
ini menggunakan analisis SEM (Structural Equation Modeling).
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan Terdapat pengaruh langsung
positif keandalan terhadap daya tanggap. Hasil ini dapat dilihat pada hasil output
Lisrel hasil uji CFA t-value yang menunjukkan angka berwarna hitam dengan nilai
4,43. Terdapat pengaruh langsung positif keandalan terhadap kepuasan
nasabah. Hasil ini dapat dilihat pada hasil output Lisrel hasil uji CFA t-value yang
menunjukkan angka berwarna hitam dengan nilai -2,02. Terdapat pengaruh
langsung positif daya tanggap terhadap kepuasan nasabah. Hasil ini dapat dilihat
pada hasil output Lisrel hasil uji CFA t-value yang menunjukkan angka berwarna
hitam dengan nilai 3,01.