Abstract :
Kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika diharapkan dapat
menumbuhkan dan mengembangkan pembelajaran matematika. Namun pada
pembelajaran matematika yang terjadi di kelas VII SMP Negeri 4 Metro
pemahaman konsep matematika siswa masih rendah. Selama proses
pembelajaran siswa cenderung menghafal konsep yang diberikan. Persyaratan
pemahaman konsep matematika siswa masih rendah. Pendekatan scaffolding
berbasis problem solving diharapkan dapat memudahkan siswa dalam
memahami konsep dengan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat
apakah pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan
menggunakan pendekatan scaffolding lebih baik daripada pemahaman konsep
matematika yang dibelajarkan oleh siswa yang menggunakan pembelajaran
konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Metro. Jenis penelitian ini
adalah eksperimen semu yaitu dengan memberikan perlakuan yang berbeda
kepada dua kelas yang berbeda, berdasarkan hasil analisis data dapat
disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika setelah diterapkan
pendekatan scaffolding lebih baik daripada pemahaman konsep matematika
setelah penerapan pendekatan scaffolding. Penerapan pembelajaran
konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Metro.