Abstract :
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar
berupa modul matematika berbasis pendekatan kontekstual (Contextual
Teaching And Lerning) disertai QR Code pada materi logaritma kelas X yang
memenuhi kriteria valid dan praktis. Pengembangan ini menggunakan model
pengembangan ADDIE, yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation
dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah kelas X SMA Muhammadiyah 2
Metro dengan jumlah peserta didik sebanyak 6 orang. Dalam penelitian dan
pengembangan ini, produk yang dihasilkan harus divalidasi terlebih dahulu,
kemudian dilakukan uji coba terbatas. Hasil rata-rata dari validasi ahli materi
sebesar 86,43% termasuk dalam kategori sangat valid, selanjutnya untuk hasil
rata-rata validasi ahli media sebesar 90% sehingga termasuk dalam kategori
sangat valid. Adapun untuk uji coba kepraktisan modul memperoleh rata-rata
87,95% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan kriteria yang diterapkan
maka modul matematika berbasis pendekatan kontekstual (Contextual Teaching
And Lerning) disertai QR Code pada materi logaritma kelas X dinyatakan layak
dan praktis untuk digunakan