Abstract :
Media pembelajaran merupakan salah satu komponen yang berperan
penting dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran yang dilakukan masih
menggunakan media power point, metode papan tulis, handout, buku teks dan
lembar kerja peserta didik pada saat proses pembelajaran, karena kurangnya
media pembelajaran yang digunakan di MA Ma?arif Nu 02 Sidorejo. Belum
bervariasinya media yang digunakan dapat membuat peserta didik bosan
sehingga berpengaruh kepada hasil belajar yang diperoleh. Maka diperlukan
media untuk mengembangkan lectora inspire berbasis means-ends analysis
yang sistematis disusun dengan tampilan yang menarik. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk menghasilkan media lectora inspire berbasis means-ends analysis
pada materi ketenagakerjaan kelas XI Ips Ma Ma?arif Nu 02 sidorejo yang valid
dan praktis. Maka dapat mengetahui keefektifan penggunaan media yang
dikembangkan oleh peneliti dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Penelitian
ini menggunakan metode pengembangan Research and
Development (RnD), dengan model 4-D meliputi tahap pendefinisian,
perencanaan, pengembangan, dan penyebaran. Akan tetapi pada tahap
penyebaran tidak dilakukan. Untuk mengetahui kelayakan berdasarkan
validasi/penilaian dari ahli media, ahli desain dan ahli materi. Lectora inspire
diujicobakan disekolah dilakukan kepada peserta didik kelas XI IPS 1 di MA
Ma?arif NU 02 Sidorejo. Berdasarkan penilaian pengembangan media
pembelajaran lectora inspire diketahui hasil rekapitulasi dari validasi ahli media
dengan kriteria ?Kuat? pada persentase sebesar 76% dinyatakan valid, validasi
ahli desain pembelajaran dengan kriteria ?Kuat? pada presentase sebesar 78%
dinyatakan valid, validasi ahli materi dengan kriteria ?Sangat Kuat? pada
presentase sebesar 89% dinyatakan valid. Produk praktis diperoleh dari hasil
angket peserta didik dengan hasil akhir persentase sebesar 89,46% kriteria
sangat praktis sehingga dinyatakan praktis. Berdasarkan hasil penelitian media
pembelajaran lectora inspire berbasis means-ends analysis yang dikembangkan
media yang valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran