Abstract :
Permasalahan dalam penelitian ini pendidikan pada masa pendudukan
Jepang mengalami berbagai macam penderitaan bagi rakyat Indonesia Tujuan
penelitian ini: 1) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan landasan filsafat
pendidikan Indonesia pada masa pendudukan Jepang 1942-1945; 2) Untuk
menganalisis dan mendeskripsikan sistem pendidikan Indonesia pada masa
pendudukan Jepang 1942-1945; 3) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan
kebijakan pendidikan Indonesia pada masa pendudukan Jepang 1942-1945.
Metode penelitian menggunakan metode historis dengan teknik pengumpulan
data, study kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa pendidikan yang
diberlakukan pada era pendudukan Jepang di Indonesia adalah pendidikan semi
militer dengan menerapkan latihan fisik pada para murid, kemiliteran dan
indokterinasi ketat. Meskipun demikian, rakyat Indonesia banyak memperoleh
kesempatan dalam bidang pendidikan. Pendidikan diselenggarakan pemerintah
militer Jepang di Indonesia, sangat berbeda dengan pendidikan yang
diselenggarakan pada masa Belanda, karena semua lapisan masyarakat pribumi
diberikan hak untuk dapat mengaksesnya. Namun pada dasarnya pendidikan
Jepang Untuk Indonesia hanya sebagai propaganda belakang, karena pasca
pemberlakuan kebijakan justru mengakibatkan semakin turunnya murid-murid
yang bersekolah dan jumlah sekolah juga berkurang dengan sangat drastis.