Abstract :
ABSTRAK
Pemerintah memiliki tugas memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan
sebaik-baiknya, tidak terkecuali pemerintah desa. Layanan yang dibutuhkan oleh
masyarakat seperti pembuatan surat keterangan yang berhubungan dengan
administrasi kependudukan. Berdasarkan wawancara dengan pihak Kantor Desa
Banjar Rejo masih memiliki beberapa kelemahan, yaitu Kantor desa umumnya
masih menyelenggarakan layanan administrasi kependudukan dengan cara manual
dengan mengetik menggunkan Microsoft Word (belum memanfaatkan Teknologi
Informasi dan Komunikasi secara terkomputerisasi), Penduduk harus datang ke
kantor desa untuk mengetahui prosedur layanan dan mengantri untuk mendapatkan
layanan, sehingga proses layanan membutuhkan waktu yang seringkali melebihi
standar waktu maksimal yang telah ditetapkan, Lamanya proses pembuatan surat
mempengaruhi waktu yang dibutuhkan penduduk untuk menunggu, karena staf
harus memeriksa berkas-berkas terlebih dahulu.Tujuan dari penelitian ini yaitu
merancangsistem informasi pelayanan masyarakat berbasis web pada Kantor Desa
Banjar Rejo.Sistem dirancang menggunakan pendekatan pemrograman terstruktur
dan menggunakan metode pengembangan perangkat lunak SDLC (Software
Development Life Cycle),dengan teknik pengujian sistem menggunakan teknik
Black Box Testing dan Beta testing. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah
PHP, dengan database MySQL dan menggunakan Framework Laravel. Alat
pengembangan sistem yang digunakan adalah flowchart, dfd, erd. Sistem Informasi
pelayanan masyarakat ini dibangun guna mempermudah dalam proses pencarian
informasi dan pembuatan surat keterangan.