Abstract :
Pelaksanan kepemimpinan dan fasilitas kerja adalah perwujudan perhatian baik perusahan
terhadap kebutuhan moril dan material dalam diri karyawanya. penelitian ini untuk menggali
bagaimana pola kepemimpinan yang di terapkan dan fasilitas kerja agar dapat memberikan
pelayanan yang optimal kepada nasabah, serta sebagai upaya dalam meningkatkan pelayanan
karyawan Bank Kalsel Cabang Rantau kepada nasabah. Penelitian ini menggunakan penelitian
kuantitatif dengan metode survey.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh
Kepemimpinan Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bank Kalsel Cabang Rantau
Kabupaten Tapin. Variabel dalam penelitian meliputi variabel kepemimpinan (X1) dan variabel
fasilitas kerja (X2) sebagai variabel independent dan variabel kinerja karyawan (Y) sebagai
variabel dependent. Hasil penelitian Secara simultan terdapat pengaruh signifikan variabel
independent (kepemimpinan dan fasilitas kerja) terhadap variabel dependent (kinerja). Untuk
variabel kepemimpinan diketahui berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada Kantor
Bank Kalsel Cabang Rantau Kabupaten Tapin, pada hasil penelitian pada variabel kepemimpinan
ini menunjukkan jika meningkatnya gaya kemimpinan seorang pemimpin berpengaruh secara
signifikan meningkatkan kinerja karyawan. Sedangkan variabel fasilitas kerja diketahui
berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada Kantor Bank Kalsel Cabang Rantau
Kabupaten Tapin, pada hasil penelitian variabel fasilitas kerja ini menunjukkan bahwa apabila
fasilitas kerja meningkat, maka akan meningkat pula kinerja karyawan.