Abstract :
Penelitian ini mengangkat dua masalah yaitu:
(1) Bagaimana metode Tandur dapat meningkatkan keterampilan bermain
drama pada peserta didik kelas X Perhotelan SMKN 6 Makassar? (2)
Bagaimana hasil peningkatan keterampilan bermain drama dengan metode
pembelajaran Tandur pada peserta didik kelas X Perhotelan SMKN 6
Makassar?. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas X
Perhotelan 1 SMK Negeri 6 Makassar. Instrumen yang digunakan adalah
lembar observasi, wawancara, tes praktik dan dokumentasi. Tehnik analisis
data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuanititatif. Hasil
penelitian ini menunjukkan: (1) Penerapan Model pembelajaran Tandur sesuai
dengan langkah model pembelajaran Tandur, peneliti menciptakan suasana
menyenangkan, memahami materi pembelajaran, dan memberikan
penghargaan kepada peserta didik. (2) Hasil belajar pre-test siklus 1 yaitu nilai
rata-rata 32.25 ketuntasan 10,3% setelah pembelajaran di siklus I, sehingga
post-test siklus 1 menjadi 51,6 ketuntasan 41.37% tetapi belum mencapai
target ketuntasan. Pada siklus II nilai meningkatan menjadi 80 ketuntasan
93%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, disimpulkan bahwa
model pembelajaran Tandur dapat meningkatkan hasil belajar Seni budaya
khususnya dalam pembelajaran bermain drama pada Kelas X Perhotelan 1
SMK Negeri 6 Makassar.
Kata kunci: metode pembelajaran Tandur, hasil belajar bermain drama