Abstract :
hadap Minat Belajar Mahasiswa Pada Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran
Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif
yang menunjukkan pengaruh variabel X terhadap variabel Y. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif yang menunjukkan pengaruh variabel X terhadap variabel Y. Populasi dalam penelitian ini
adalah sebesar 203 orang dan sampel dalam penelitian ini adalah 61 orang. Pengumpulan data
menggunakan teknik observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik
analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa variabel (X) penggunaan media pembelajaran Pada Program Studi
Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar, berada pada
kategori ?baik? dengan tingkat persentase 76,98 persen dapat diukur melalui indikator, media cetak,
media elektronik, media realita, sedangkan variabel (Y) berada pada kategori ?tinggi? dengan tingkat
persentase 78,62 persen, dapat diukur melalui indikator, adanya pemusatan perhatian, adanya
perasaan senang, dan adanya kemauan. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil analisis korelasi
product moment sebesar 0,565, yang berarti tingkat hubungan dalam kategori sedang. Dapat
disimpulkan bahwa ada Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar
Mahasiswa Pada Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial
Universitas Negeri Makassar.
Kata kunci: Penggunaan Media Pembelajaran, Minat Belajar