Institusion
Universitas Pembangunan Jaya Tangerang
Author
Arsyad, Zulfiana Augusta Putri
Subject
HD28 Management. Industrial Management
Datestamp
2022-01-25 06:37:59
Abstract :
Kebutuhan sarana transportasi semakin meningkat yang menyebabkan masyarakat
menjadi ketergantungan, perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi
dipadukan menjadi bisnis jasa transportasi, Gojek merupakan penyedia jasa layanan
online pertama di Indonesia. Seiring berjalannya waktu terdapat komentar pada aplikasi
Gojek karena penurunan kualitas pelayanan yang dialami Gojek sehingga menyebabkan
pengguna merasa kecewa atau tidak puas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji
apakah terdapat pengaruh nilai yang dirasakan melalui kepuasan pelanggan terhadap
loyalitas pelanggan pengguna aplikasi Gojek di Jakarta. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode kuantitatif. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah
variabel nilai yang dirasakan sebagai variabel independen, kepuasan pelanggan sebagai
variabel intervening, dan loyalitas pelanggan sebagai variabel dependen. Kuesioner
disebar secara online menggunakan Gform dibagikan ke 300 responden yang
memenuhi kriteria sebagai sampel yang digunakan. Data diolah menggunakan metode
analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan software Amos. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa nilai yang dirasakan memiliki pengaruh secara langsung terhadap
kepuasan pelanggan, nilai yang dirasakan tidak memiliki pengaruh secara langsung
terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan memiliki pengaruh secara langsung
terhadap loyalitas pelanggan dan nilai yang dirasakan memiliki pengaruh secara tidak
langsung terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan
memiliki pengaruh paling besar terhadap nilai yang dirasakan yaitu sebesar 95%.