Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan dan
promosi secara langsung terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan.
Penelitian ini juga menguji pengaruh kualitas pelayanan dan promosi
secara tidak langsung terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan
pelanggan. Penelitian dilakukan terhadap 175 orang pelanggan Halodoc
yang diambil dengan teknik random sampling dan diberikan kuesioner
secara online melalui google form dengan sekala Likert untuk mengukur
respon terhadap variabel-variabel penelitian. Setelah pengujian validitas
dan reliabilitas, serta uji prasyarat, dilakukan uji path analysis dengan
langsung menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa
ada pengaruh langsung signifikan antara kualitas pelayanan dan promosi
terhadap loyalitas pelanggan. Kualitas pelayanan juga mempunyai
pengaruh tidak langsung positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
Promosi dan kulitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan
terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan.