Abstract :
ABSTRAK
Strategi promosi Candi Ratu Boko dengan melalui film Ada Apa Dengan Cinta 2,
sebagai tujuan untuk memperkenalkan sekaligus menarik wisatawan untuk
berkunjung ke tempat yang dijadikan sebagai lokasi shooting film tersebut,
dengan tujuan akan memberi dampak pada naiknya jumlah kunjungan wisatawan
yang datang ke Candi Ratu Boko. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif
deskriptif. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana strategi promosi
Candi Ratu Boko melalui film Ada Apa Dengan Cinta 2, sebagai media promosi
yang dapat berpengaruh dalam menarik wisatawan ke Candi Ratu Boko
Yogyakarta. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran film
AADC 2 dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke Candi Ratu Boko, efek
dari menggunakan film sebagai media promosi objek wisata, kendala-kendala
promosi objek wisata. Metode pengumpulan data yang di gunakan dalam
penelitian ini yaitu dengan cara observasi, wawancara, studi pustaka dan
dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Candi Ratu Boko
melakukan strategi promosi melalui film AADC 2 dalam usaha untuk
memperkenalkan Candi Ratu Boko ke masyarakat secara lebih luas lagi, sekaligus
sebagai usaha dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Candi Ratu
Boko. Film bisa dijadikan sebagai media promosi yang dapat menarik serta
meningkatkan minat masyarakat untuk berkunjung ke tempat yang di jadikan
sebagai lokasi shooting film tersebut.
Kata Kunci : Promosi, Promosi Pariwisata, Film