DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Maheswari, Kartika Achya
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-18 02:52:01 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan dan faktor penyebab terjadinya kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) berdasarkan tahapan newman ditinjau dari gaya belajar. Metode yang digunakan adalah metode kualitatiff. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, tes soal cerita dan wawancara. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Jatiyoso dengan jumlah siswa 22 orang dan diambil 3 siswa sebagai sampel untuk dianalisis. Berdasarkan hasil analisis angket diperoleh 7 siswa tipe gaya belajar visual, 9 siswa tipe gaya belajar auditorial dan 5 siswa tipe gaya belajar kinestetik. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa siswa tipe gaya belajar visual melakukan kesalahan pada tahapan memahami masalah, keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. Siswa tipe gaya belajar auditorial melakukan kesalahan pada tahapan memahami masalah, keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. Siswa tipe gaya belajar kinestetik melakukan kesalahan pada tahapan memahami masalah. Kesalahan memamahi masalah disebabkan karena siswa kurang teliti, lupa saat menentukan apa yang ditanyakan dari soal, pada tahap keterampilan proses disebabkan karena siswa tidak teliti dan tergesa-gesa saat melakukan perhitungan, pada tahap penulisan jawaban akhir disebabkan karena salah perhitungan, tergesa-tergesa, dan tidak mengecek kembali jawabannya. Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Tahapan Newman, Gaya Belajar 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang