Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based
Learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA materi pernapasan pada
hewan dan manusia kelas V di SD BOPKRI 3 Bondo Kabupaten Jepara. Hasil
dalam penelitian ini adalah model Problem Based Learning berpengaruh terhadap
hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif.
Desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design.
Perbedaan peningkatan hasil belajar siswa antara hasil pretest dan hasil posttest
dilihat dari skor hasil belajar siswa sebelum menggunakan model Problem Based
Learning (pretest) adalah nilai terendah sebesar 30 dan nilai tertinggi sebesar 80
dengan memperoleh rata-rata sebesar 46. Sedangkan skor hasil belajar siswa
setelah menggunakan model Problem Based Learning (posttest) adalah dengan
nilai terendah sebesar 70 dan nilai tertinggi sebesar 90 dengan memperoleh rata
rata sebesar 85. hasil hipotesis melalui uji paired sampel t-test diperoleh
yaitu 13081 > 4.137 maka
ditolak
>
diterima sehingga terdapat
perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang dicapai pada pretest dengan
hasil belajar siswa yang dicapai pada posttest. Berdasarkan data tersebut model
Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran
IPA materi pernapasan pada hewan dan manusia kelas V di SD BOPKRI 3 Bondo
Kabupaten Jepara.
Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPA