DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA DITINJAU DARI SELF-CONCEPT MATEMATIS SISWA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Aulya, Muhammad Rico
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-22 06:26:46 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif dan koneksi matematis siswa pada materi segiempat dan segitiga ditinjau dari self-concept matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualiatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 29 siswa kelas VIIIE SMP Negeri 1 Kaliwungu selanjutnya dipilih berdasarkan skala self?concept yaitu 3 siswa dengan self-concept tinggi, 3 siswa dengan self-concept sedang dan 3 siswa dengan self-concept rendah. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan skala self-concept, tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis dikembangkan berdasarkan indikator kemampuan berpikir kreatif dan koneksi matematis dengan memperhatikan self-concept yang dimiliki. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa subjek dengan kemampuan self-concept tinggi mampu memenuhi semua indikator berpikir kreatif dan semua indikator koneksi matematis, Subjek dengan self-concept sedang mampu memenuhi tiga aspek kemampuan berpikir kreatif yaitu berpikir lancar, berpikir luwes, berpikir merinci dan mampu memenuhi semua indikator koneksi matematis, subjek dengan self-concept rendah tidak mampu memenuhi semua indikator berpikir kreatif dan semua indikator koneksi matematis. Kata Kunci : Kemampuan berpikir kreatif, Kemampuan Koneksi Matematis, Self-concept 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang