Abstract :
Dalam kurikulum merdeka, guru dituntut untuk mampu bersikap aktif, kreatif, dan
inovatif serta terampil guna menjadi fasilitator penggerak perubahan di sekolah.
Pemanfaatan teknologi informasi dapat dituangkan dalam pembuatan inovasi
dalam media pembelajaran agar siswa lebih aktif, produktif, dan menyenangkan.
Penelitian ini bertujuan untuk membuat mobile edukasi untuk meningkatkan
motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Jawa. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (RnD) dengan
menggunakan model ADDIE yang memiliki lima tahapan yaitu : (analysis, design,
development , implementatiton, dan evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMA
Negeri 1 Banjarharjo Brebes. Pengolahan data diambil dari validasi media, materi,
dan angket pengguna dengan menggunakan skala likert pada penilaiannya serta
pelaksanaan pre test dan post test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil
validasi ahli media sebesar 98,5% dengan kategori ?sangat layak?, hasil validasi
ahli materi sebesar 84% dengan kategori ?sangat layak?, hasil angket pengguna
tentang kepraktisan media sebesar 90%, dan efektif meningkatkan hasil belajar
siswa sebesar 67,54% pada kelas eksperimen (menggunakan mobile edukasi).
Penilaian angket motivasi belajar siswa, dilakukan uji regresi hasil belajar siswa
yang menggunakan mobile edukasi terhadap hasil respon angket motivasi belajar
siswa. Dari uji regresi tersebut dihasilkan taraf signifikasi 0.000 yang berarti
kurang dari 0.05 atau dapat disimpulkan bahwa dari hasil belajar siswa yang
menggunakan mobile edukasi pada mata pelajaran Bahasa jawa berpengaruh
terhadap peningkatan motivasi belajar siswa.
Kata kunci : mobile edukasi, model pengembangan ADDIE, Bahasa Jawa