DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN KECERDASAN NUMERIK DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA PADA MATERI POLA BILANGAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Wati, Hesti Sekar
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 03:36:38 
Abstract :
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan kecerdasan numerik dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi siswa pada materi pola bilangan siswa kelas XI di SMA Sint Louis Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Sint Louis Semarang Tahun Ajaran 2022/2023 sebanyak 4 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh kelas XI MIPA 1, XI MIPA 2, dan XI IPS 1 di SMA Sint Louis Semarang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: 1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan pada Kecerdasan Numerik terhadap Prestasi Siswa pada Materi Pola Bilangan, 2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan pada Aktivitas belajar terhadap Prestasi Siswa pada Materi Pola Bilangan, 3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan pada Kecerdasan Numerik dan Aktivitas Belajar terhadap Prestasi Siswa pada Materi Pola Bilangan dengan kontribusi sebesar 41,0%. Kata kunci: Kecerdasan Numerik, Aktivitas Belajar, Prestasi Siswa, Materi Pola Bilangan 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang