DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SMP
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
BILQIIS, IKVINA ALRIN AULIA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 04:10:49 
Abstract :
Matematika merupakan mata pelajaran yang mendapatkan perhatian khusus karena bidang studi yang paling penting dan dasar untuk mempelajari ilmu pengetahuan lain. Model pembelajaran Problem Based Learning adalah pembelajaran yang digunakan untuk menstimulus kemampuan berpikir kritis peserta didik dan model Project Based Learning kegiatan pembelajaran yang menggunakan projek sebagai proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Metode penelitian menggunakan eksperimen dengan desain True Experimental Design dengan bentuk Posttest?Only Control Design. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling, dengan sampel tiga kelas dari seluruh kelas VIII SMPN 20 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian terdapat perbedaan kemampuan berfikir kritis siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning, model Project Based Learning dan pembelajaran konvensional, dimana kemampuan berfikir kritis siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning (p=0,000) dan model Project Based Learning (p=0,016) lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional, namun siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan model Project Based Learning tidak terdapat perbedaan kemampuan berfikir kritis (p=0,117). Kata Kunci: Problem Based Learning; Project Based Learning; berpikir kritis; matematika. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang