Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
BILQIIS, IKVINA ALRIN AULIA
Subject
L Education (General)
Datestamp
2024-01-16 04:10:49
Abstract :
Matematika merupakan mata pelajaran yang mendapatkan perhatian khusus
karena bidang studi yang paling penting dan dasar untuk mempelajari ilmu
pengetahuan lain. Model pembelajaran Problem Based Learning adalah
pembelajaran yang digunakan untuk menstimulus kemampuan berpikir kritis
peserta didik dan model Project Based Learning kegiatan pembelajaran yang
menggunakan projek sebagai proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi
sikap, pengetahuan dan keterampilan. Metode penelitian menggunakan
eksperimen dengan desain True Experimental Design dengan bentuk Posttest?Only Control Design. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster
random sampling, dengan sampel tiga kelas dari seluruh kelas VIII SMPN 20
Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dokumentasi
dan observasi. Hasil penelitian terdapat perbedaan kemampuan berfikir kritis
siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning, model Project Based
Learning dan pembelajaran konvensional, dimana kemampuan berfikir kritis
siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning (p=0,000) dan model
Project Based Learning (p=0,016) lebih baik dari pada model pembelajaran
konvensional, namun siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning
dan model Project Based Learning tidak terdapat perbedaan kemampuan berfikir
kritis (p=0,117).
Kata Kunci: Problem Based Learning; Project Based Learning; berpikir kritis;
matematika.