Institusion
Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Author
Apriliyanto, Muhammad Dwi
Subject
H Social Sciences (General)
Datestamp
2021-09-14 08:01:10
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan
dan fasilitas terhadap loyalitas pasien Poliklinik Jantung RSUD Bhakti Dharma
Husada Surabaya dengan kepuasan pasien sebagai variabel moderasi. Dalam
penelitian ini penentuan sampel dilakukan dengan metode penarikan sampel
secara tidak acak (non probability sampling) dengan prosedur purposive
sampling, yang artinya adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan
tertentu. Dengan jumlah sampel sebanyak 82 orang. Pengolahan data penelitian
menggunakan analisi data responden menggunakan analisis jalur (path analysis)
dengan bantuan SPSS 16. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Kualitas
pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien, fasilitas berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan pasien, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan
terhadap loyalitas pasien, fasilitas berpengaruh signifikan terhadap loyalitas
pasien, kepuasan pasien berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien,
kepuasan pasien bukan variabel intervening variabel kualitas pelayanan dan
fasilitas terhadap loyalitas pasien