Abstract :
(ABSTRAKSI) Penelitian ditujukan untuk masyarakat khususnya masyarakat kota yogyakarta
yang akan bersekolah atau menyekolahkan anak-anak mereka di Sekolah
Menengah Atas Kota Yogyakarta. Sistem informasi sekolah jenjang pendidikan
menengah yang disajikan secara spasial merupakan salah satu alternatif yang
cukup efektif untuk menampilkan informasi sekolah dengan tampilan peta-peta
interaktif yang telah diolah menggunakan teknologi berbasis komputer, khususnya
Sistem Informasi Geografis (SIG). Dengan menggunakan tampilan peta interaktif
maka pengguna dapat berinteraksi terhadap peta yang ditampilkan selain itu
diharapkan masyarakat semakin terbantu dalam menentukan pilihan yang sesuai.
Manfaat lain adalah memberikan gambaran umum tentang sekolah jenjang
pendidikan menengah untuk pihak-pihak yang berkepentingan.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data primer dan
sekunder. Data sekunder didapat dari instansi-instansi yang berhubungan dengan
masalah pendidikan sedangkan data primer didapat menggunakan proses
wawancara dan observasi langsung di lapangan. Cara pengumpulan data pada
penelitian ini adalah dengan menggunakan sensus dengan obyek penelitian
sekolah jenjang pendidikan menengah di Kota Yogyakarta. Selain itu untuk
mendapatkan informasi pendukung maka digunakan pula studi pustaka. Kondisi
sekolah dalam penelitian ini terkait dengan kualitas internal sekolah tersebut
sehingga hasil yang diharapkan adalah kualitas sekolah yang didasari oleh
beberapa variabel yaitu akreditasi, nilai kelulusan, jenis sekolah, status sekolah,
fasilitas dan standard sekolah. Berdasarkan kalkulasi tersebut didapatkan peta
kualitas sekolah.
Hasil dari penelitian ini berupa paper map dan digital map yang berisi data-data
sekolah secara umum. Kemudian data tersebut disajikan dalam bentuk sistem
informasi berbasis web yang dapat diakses di www.sipma-2jogja.com (ABSTRACT) This research addressed for peoples especially those live at Yogyakarta
city who will go to shcool or schooling their kids at high schools in Yogyakarta.
High schools information system which represented by spatial form is one of
effective ways to show schools information using interactive maps display which
composed by computer-based technologies in particular Geographic Information
System (GIS). By using interactive map display then user could interacted to it,
moreover, hopefully it would help people considering their option. Other benefit
of this system is give an overview about high schools (in Yogyakarta city) to whom
it may concern.
Method which used in this research is primary and secondary data
analysis. Secondary data collected from stakeholders related to high school
education, whereas primary data collected through interview proccess and field
observation. The way to collect data on this research is census where high schools
inside Yogyakarta city area used as census object. Additionally, literature study
also done to get addition information that support observation. âSchool
conditionâ on this research refer to internal school qualities so expected result for
school qualities are based on several variables. Those variables are
accreditation, graduate score, school type, grade of school status, facilities and
school standard. According to calculation of those variables, school quality map
provided.
Result of this research are paper maps and digital maps contained school
database generally. Then it displayed as web based information system which
could be accessed at www.sipma-2jogja.com