Abstract :
PENGARUH PERSPEKTIF BALANCED SCORECARD SEBAGAI
ALAT PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN PADA
CV. PRATAMA MANDIRI ? SURABAYA
Oleh:
Russiana Yulandani
ABSTRAK
Balanced Scorecard adalah kartu yang digunakan untuk mencatat skor
hasil kinerja seseorang yang berimbang antara dua aspek yaitu aspek keuangan
dan non keuangan, jangka panjang dan jangka pendek, intern dan
ekstern.Perusahaan menggunakan fokus pengukuran scorecard untuk
menghasilkan berbagai proses manajemen penting. Implementasi Balanced
Scorecard tergantung dari kebijakan organisasi. Pada saat ini CV. Pratama
Mandiri tengah mensimulasikan penggunaan Balanced Scorecard dalam
mengukur kinerja perusahaan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan
dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan manfaat penerapan Balanced
Scorecard sebagai tolak ukur yang melengkapi alat ukur yang hanya berdimensi
profitabilitas dengan dimensi ? dimensi yang baru sehingga memungkinkan
perusahaan dapat bersaing.
Penelitian ini menggunakan data sekunder meliputi kinerja perusahaan (Y)
yang diukur dengan prosentanse Return On Invesment (ROI), perspektif keuangan
(X1) yang diukur dengan Net Profit Margin, perspektif pelanggan (X2) yang
diukur dengan Number of Complaint, perspektif proses bisnis internal (X3) yang
diukur dengan Employee Productivity, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan
(X4) yang diukur dengan prosentase Employee Training Cost. Data yang diambil
mulai periode tahun 2004 sampai dengan tahun 2009 dengan teknik pursposive
sampling dan analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Melalui analisis uji regresi linier berganda dapat disimpulkan bahwa
metode Balanced Scorecard dapat dipakai sebagai alat pengukuran kinerja bagi
perusahaan, sehingga hipotesis pertama teruji kebenarannya. Namun hipotesis
kedua tidak teruji kebenarannya karena hanya perspektif keuangan yang
berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan, sedangkan perspektif
pelanggan, proses bisnis internal, pembelajaran dan pertumbuhan tidak
berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan.