Abstract :
Dalam kondisi persaingan yang semakin ketat, setiap perusahaan
harus mampu bertahan hidup, bahkan harus dapat terus berkembang. Salah
satunya harus mampu mempertahankan pelanggannya agar tidak pindah
kepada perusahaan lain. Pada saat ini, persaingan antara produsen
minuman penambah tenaga di Indonesia semakin ketat. Para produsen
minuman penambah tenaga di Indonesia berkompetisi untuk menciptakan
produk minuman penambah tenaga yang berkualitas dan sesuai dengan
keinginan konsumen. Produk Lipovitan, sebagai market leader minuman
penambah tenaga di Indonesia yang mengalami penurunan pangsa pasar
akibat datangnya pesaing yang tak kalah hebat.
Lipovitan telah melakukan tindakan agar para konsumen tetap
loyal terhadap merek Lipovitan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
pengaruh brand characteristic, company characteristic, dan consumer brand
characteristic.
Responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 100 dari
kalangan pegawai negri / swasta, mahasiswa /mahasiswi, wiraswasta dan lainlain,
metode yang digunakan adalah non probability sampling, yaitu
purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar
kuesioner.
Metode analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda
menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
variable consumer brand characteristic berpengaruh positif dan signifikan
positif terhadap brand loyalty (tidak dapat diterima) produk Lipovitan
sebesar 0,373. Variabel brand characteristic berpengaruh positif dan
signifikan terhadap brand loyalty (tidak dapat diterima) produk Lipovitan
sebesar 0,468.Variabel brand characteristic berpengaruh positif dan
signifikan terhadap brand loyalty (tidak dapat diterima) produk Lipovitan
sebesar 0,468.