Abstract :
Penelitian ini di latarbelakangi oleh sebuah permasalahan komunikasi dalam suatu
organisasi sangatlah penting terlebih lagi komunikasi dalam mewujudkan rasa loyalitas
karyawan. Komunikasi yang efektif akan menciptakan loyalitas karyawan di dalam sebuah
organisasi. Dengan terciptanya loyalitas karyawan di hotel mercure grand mirama Surabaya akan
dapat meningkatkan kinerja dari karyawan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1.analisa
penerapan komunikasi organisasi di hotel mercure grand mirama Surabaya, 2.Analisa tentang
peningkatan kinerja karyawan setelah adanya penerapan komunikasi organisasi pada loyalitas
karyawan di hotel mercure grand mirama Surabaya, 3.Analisa tentang hambatan komunikasi
organisasi pada loyalitas karyawan di hotel mercure grand mirama Surabaya. Jenis penelitian
yang digunakan adalah penelitian studi kasus (case study). Data penelitian diambil dari sumber
data primer yaitu data yang di peroleh langsung dari subjek penelitian yaitu Hotel Mercure
Grand Mirama Surabaya, sedangkan data sekunder berupa buku-buku, jurnal, serta tulisan-
tulisan lainnya yang ada relevansinya dengan permasalahan. Pengumpulan data dilakukan pada
natural setting (kondisi yang alamiah) dan teknik pengumpulan data lebih banyak pada
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisa data menggunakan metode
deskriptif analisis yaitu aktivitas atau analisis informasi yang menitikberatkan kegiatannya pada
penelitian dokumen, menganalisis penerapannya dan kinerjanya.
Kata Kunci : Komunikasi, Komunikasi Organisasi, Loyalitas Karyawan, Kinerja Karyawan,
Dan Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya