Abstract :
PENGARUH SISTEM PENGUKURAN KINERJA DAN SISTEM REWARD
TERHADAP HUBUNGAN ANTARA TOTAL QUALITY MANAGEMENT
DENGAN KINERJA MANAJERIAL PADA
PT NOERTRANSPORT TAMA WISATA
Oleh:
Firstcha Noviyanti
Abstrak
Penerapan sistem pengukuran kinerja pada suatu perusahaan
adalah guna mengetahui karakeristik dan kualitas kinerja serta
mengidentifikasikan tindakan apa yang perlu dilakukan untuk melakukan
perbaikan dalam rangka peningkatan kerja. semakin sering suatu
perusahaan tersebut melakukan pengukuran kinerja pada karyawannya
maka perusahaan akan lebih meningkatkan kinerja pada karyawannya,
sehingga dengan meningkatnya kinerja maka mutu yang menjadi tujuan
utama akan dapat tercapai. Kenyataan ini menunjukkan bahwa tidak ada
sistem akuntansi manajemen secara universal selalu tepat untuk bisa
diterapkan pada seluruh organisasi pada setiap keadaan, namun sistem
akuntantansi manajemen tersebut tergantung juga pada faktor ? faktor
tradisional yang ada dalam organisasi. Namun demikian sedikit sekali
peneliti yang manguji alasan atau faktor penyebab keefektifan penerapan
teknik Total Quality Management. Berdasarkan latar belakang diatas maka
tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk menganalisis interaksi antara
penerapan Total Quality Management dengan Sistem Pengukuran Kinerja
berpengaruh terhadap Kinerja Manajerial dan untuk menganalisis interaksi
antara penerapan Total Quality Management dengan Sistem Reward
berpengaruh terhadap Kinerja Manajerial.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh manajer PT. Noer
Transport Tama Wisata yang terdiri dari Direktur, Kepala Departemen dan
Kepala Bagian yang ikut andil dan berperan penting dalam pengambilan
keputusan yang ada di kantor maupun di pabrik milik PT. Noer Transport
Tama Wisata, yang berjumlah 15 orang. Penelitian ini berlandaskan
pendekatan kuantitatif dengan tekhnik analisis regresi linier berganda
dengan bantuan program SPSS.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan serta pembahasan
hasil penelitian pada bab terdahulu dapat diambil beberapa kesimpulan
dari penelitian, yaitu sebagai berikut: Interaksi antara Total Quality
Management dan Sistem Pengukuran Kinerja terhadap kinerja manajerial
tidak terbukti kebenarannya, nteraksi antara Total Quality Management
dan Sistem Penghargaan terhadap kinerja manajerial terbukti
kebenarannya