Abstract :
Politeknik Pelayaran Surabaya (Poltekpel Surabaya) sebagai salah
satu perguruan tinggi yang menghasilkan tenaga pelaut yang profesional
dituntut untuk dapat memberikan layanan jasa yang terbaik dalam
menghasilkan tenaga profesional khususnya Ahli Nautika, Ahli Teknika
dan Ahli Elektro Pelayaran untuk Pelayaran Kapal Niaga. Penelitian ini
dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan
terhadap kepuasan peserta diklat khususnya Program DP-V Peningkatan
Jurusan Teknika.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data dari peserta
diklat Program DP-V Peningkatan Jurusan Teknika pada angkatan XVI
sampai dengan angkatan XXI. Metode pengambilan sample yang
digunakan adalah probability sampling dengan teknik simple random
sampling dengan responden berjumlah 95 orang. Adapun skala yang
digunakan adalah skala Likert dengan teknik analisis PLS (Partial Least
Square) untuk melihat hubungan kauslitas antar variabel.
Hasil pengujian memperlihatkan bahwa kualitas layanan
berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen.
Keyword : Kualitas Layanan, Kepuasan Konsumen.