Abstract :
Penelitian ini dilakukan di salah satu perusahaan yang bergerak di bidang
jasa di Kabupaten Gresik yaitu PT. Telkom Akses Area Gresik Madura.
Perusahaan ini khusus menangani jaringan internet yang lebih dikenal dengan
IndiHome. Permasalahan yang dihadapai IndiHome adalah jumlah pelanggan
yang menurun secara drastis namun kenaikan pelanggan yang tidak terlalu
signifikan. Hal ini dikarenakan munculnya banyak kompetitor yang bergerak pada
bidang yang sama yaitu penyedia jaringan internet, sehingga menimbulkan
persaingan yang ketat antar kompetitor. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1.
Untuk mengetahui pengaruh citra merek terhadap loyalitas merek IndiHome di
Gresik. 2. Untuk mengetahui pengaruh kepercayaan merek terhadap loyalitas
merek IndiHome di Gresik.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan IndiHome di
wilayah Kabupaten Gresik dengan jumlah sebanyak 19.112 pelanggan. Sampel
dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang menggunakan metode non
probability sampling dengan teknik purposive sampling. Data yang digunakan
adalah data primer yaitu data yang berdasarkan kuesioner hasil jawaban
responden. Sedangkan analisis yang digunakan adalah Partial Least Square
(PLS).
Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil
yaitu: 1. Citra merek memberikan kontribusi terhadap loyalitas merek IndiHome
di Gresik, semakin baik citra merek maka loyalitas merek akan
semakinmmeningkat. 2. Kepercayaan merek memberikan kontribusi lebih banyak
daripada citra merek terhadap loyalitas merek IndiHome di Gresik, sehingga
semakin baik kepercayaan merek maka loyalitas merek akan semakin meningkat.
Kata Kunci: Citra merek, Kepercayaan Merek, Loyalitas Merek