Abstract :
Loyalitas merek (brand loyalty) merupakan suatu konsep yang sangat
penting dalam strategi pemasaran. Loyalitas merupakan hasil dari pembelajaran
konsumen pada suatu entitas tertentu (merek, produk, jasa, atau toko) yang dapat
memuaskan kebutuhannya. Dalam penelitian ini peneliti tertarik untuk
menganalisis mengenai perilaku konsumen terhadap produk dari PT. Sekar Laut,
Tbk. Fenomena yang penulis temukan pada objek penelitian diatas yaitu
mengenai adanya trend penurunan pada brand index dan penjualan produk merek
Finna selama 3 (tiga) tahun terakhir yang mengindikasikan adanya masalah
mengenai loyalitas merek (brand loyalty). Berdasarkan observasi dan adanya
dukungan empirik loyalitas merek diduga dapat disebabkan oleh beberapa faktor
diantaranya faktor citra merek dan kepercayaan merek yang menjadi variabel
bebas pada penelitian ini. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kepercayaan merek
terhadap loyalitas merek Finna (Studi pada pelanggan produk merek Finna di
wilayah Sidoarjo).
Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan
menyebarkan kuesioner kepada 80 responden dengan menggunakan teknik
Purposive Sampling. Teknik analisis yang dipergunakan adalah Partial Least
Square [PLS] untuk mengetahui kausalitas antar variabel yang dianalisis.
Berdasarkan hasil pengolahan data, dapat diperoleh kesimpulan bahwa
faktor citra merek dan kepercayaan merek berpengaruh positif terhadap loyalitas
merek dapat diterima atau signifikan (positif). Artinya, model konseptual yang
dikembangkan dan dilandasi oleh teori hampir sepenuhnya didukung oleh fakta.
Kata Kunci : Citra Merek, Kepercayaan Merek, Loyalitas Merek