Abstract :
Dalam kondisi persaingan usaha yang semakin ketat saat ini
perusahaan perlu memanfaatkan sumber dayanya dengan optimal, termasuk
berusaha menciptakan atau melakukan rekayasa yang dapat mempengaruhi
persepsi konsumen, misalnya melalui ekuiats merek produknya. Atas dasar
tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek
dan harga terhadap minat beli sepeda motor Yamaha Mio M3 di Yamaha
Yes Surabaya.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunujung yang
datang pada dealer Yamaha Yes Surabaya dan pengambilan sampel dalam
penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan teknik
purposive sampling dengan jumlah 60 responden. Skala pengukuaran
menggunakan skala Likert. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
data primer, dengan menyebar kuesioner kepada seluruh pengunjung yang
datang pada dealer Yamaha Yes Surabaya. Teknik analisis yang digunakan
adalah PLS (Partial Least Square) untuk melihat hubungan kausalitas antar
variabel.
Hasil pengujian memperlihatkan bahwa ekuitas merek berpengaruh
positif dan signifikan terhadap minat beli dan harga berpengaruh positif dan
signifikan terhadap minat beli.