Abstract :
Latar belakang penelitian ini untuk mengetahui pengaruh iklan,citra
merek, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian di Tokopedia selama
pandemi covid 19. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna tokopedia.
Pengambilan sampel penelitian ini dengan metode purposive sampling dengan
kriteria responden pernah melakukan minimal satu kali pembelian selama pandemi
covid 19 Perhitungan pengambilan sampel penelitian menggunakan rumus slovin
dengan hasil 100 responden. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear
beganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan tidak berpengaruh pada
keputusan pembelian ,dan pada variabel citra merek dan persepsi harga
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Keterbatasan
dalam penelitian ini memiliki nilai r square yang cenderung rendah yaitu sebesar
0,396 artinya kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variasi variabel
dependen terbatas karena belum mendekati nilai 1.Rekomendasi dari hasil
penelitian ini adalah Tokopedia harus mampu mempertahankan dan meningkatkan
citra merek, karena dengan citra merek yang baik dapat menarik niat konsumen dan
mampu menjadi salah satu acuan dalam keputusan pembelian, hal tersebut dapat
dibuktikan berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan nilai koefisien beta
tertinggi dari variabel citra merek.