Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Satyanegara Raharjo, Revin
Subject
HD30.2 Branding
Datestamp
2020-01-22 06:26:32
Abstract :
Di zaman sekarang ini, masyarakat Indonesia semakin meminati perawatan
ortodontik yang terus berkembang. Ortodontik adalah cabang ilmu kedokteran
gigi yang menangani masalah susunan gigi dan rahang. Salah satu klinik
perawatan gigi yang bergerak di spesialis ortodontik adalah Orto Centre yang
berlokasi di Kota Harapan Indah, Bekasi. Klinik ini merupakan klinik pertama di
kawasannya yang menyediakan peralatan terlengkap dengan alat rontgen sebagai
alat diagnosis unggulannya. Klinik ini juga menyediakan pelayanan yang ramah,
profesional, dan tempat yang nyaman. Namun, klinik yang sedang berkembang ini
memiliki nama yang kurang menonjol dan brand identity yang kurang
mengkomunikasikan nilai-nilai emosionalnya serta rendahnya konsistensi visual
terutama pada logonya. Hal ini terjadi karena ketidaktahuan pihak Orto Centre
mengenai pentingnya peran brand identity. Oleh karena itu, penulis memutuskan
untuk melakukan perancangan ulang brand identity Orto Centre untuk
menghasilkan brand identity yang mengkomunikasikan brand positioning dan
brand promise untuk memperkuat brand equity di masyarakat. Metode penelitian
yang penulis lakukan adalah wawancara, observasi, kuesioner, dan studi eksisting.
Penulis menggunakan metode perancangan Alina Wheeler sebagai panduan
utama. Karya yang dihasilkan dalam perancangan ulang ini berupa penamaan
baru, logo baru, elemen grafis baru dengan graphic standards manual-nya dan
dilengkapi dengan media-media pengaplikasiannya.