Abstract :
Generasi millennial merupakan generasi yang mayoritas memiliki kecenderungan
yang sama, yaitu melek teknologi, penghasilan yang tidak besar, gaya hidup yang
cenderung boros dan lebih memilih untuk mendapatkan pengalaman daripada
memikirkan finansial jangka panjang. Dengan adanya inflasi yang merupakan
penurunan nilai riil uang dan karakteristik generasi millennial tersebut,
diperkirakan bahwa 95% kaum millennial akan terancam menjadi ?gelandangan?
di 2020 karena ketidakmampuan finansial. Atas dasar itu, perancangan kampanye
ini dibuat dengan tujuan untuk menyadarkan dan mengajak generasi millennial
berinvestasi sebagai langkah dalam merencanakan finansial jangka panjang.
Rumusan masalah dari perancangan kampanye ini adalah: ?Bagaimana
perancangan kampanye dan perancangan visual kampanye tentang pentingnya
berinvestasi di pasar modal bagi generasi millennial??. Penulis menggunakan
metode kombinasi sebagai metode pengumpulan data, yaitu menggabungkan
metode kuantitatif dan metode kualitatif dengan model campuran berimbang
(concurrent triangulation), dalam penelitian ini untuk mendapatkan data yang
terpercaya, benar dan tepat sasaran. Perancangan ini membuahkan hasil berupa
penyampaian pesan melalui berbagai macam media, baik media cetak maupun
digital. Media sosial digunakan sebagai media utama karena memiliki kedekatan
dengan audiens secara personal dan sering digunakan oleh target audiens. Dalam
media yang digunakan, penyampaian pesan dilakukan dengan cara yang menarik
perhatian audiens melalui tema liburan, mobil dan apartemen sehingga pesan
dapat tersampaikan dengan baik.