Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Wijaya, Ivander
Subject
174 Occupational ethics (CSR, business ethics, ethics of work, professional ethics)
Datestamp
2022-08-02 07:38:33
Abstract :
Dalam perkembangannya, pelaksanaan program Corporate Social
Responsibility (CSR) di perusahaan saat ini bukan hanya menjadi sebuah program
yang dilakukan hanya untuk memenuhi aspek legalitas semata, tapi saat ini CSR juga
sudah menjadi bagian dari bisnis perusahaan yang dilakukan secara strategis.
Penelitian ini akan membahas mengenai program XL Future Leaders batch 1 sebagai
salah satu program CSR dari PT XL Axiata, Tbk (XL). Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana implementasi program XL Future Leaders batch 1 sebagai
salah satu bagian dari pengelolaan reputasi di XL, yang pelaksanaannya berada dalam
divisi corporate communication.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan konsep corporate communication
dari Cornelissen, model tahapan CSR dari Coombs&Holladay, peneliti juga
menggunnakan model alternatif program CSR bagi perusahaan dari Kotler&Lee.
Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivistik, pendekatan kualitatif,
dan bersifat deskriptif. Dalam menguraikan dan menjelaskan, penelitian ini
menggunakan metode studi kasus. Key informan dalam penelitian ini adalah Manager
Communications Services Corporate Communications dari XL, dan juga Program
Leader dari XL Future Leaders. Penelitian ini akan berfokus dalam menganalisis
bagaimana implementasi program, dan bagaimana pengaruhnya terhadap reputasi
perusahaan.
Hasil penelitian ini menunjukan pelaksanaan program XL Future Leaders
batch 1 tidaklah dilakukan hanya untuk memenuhi aspek legalitas perusahaan saja.
Implementasi program ini dilakukan sesuai konsep tahapan pelaksanaan CSR dari
Coombs&Holladay, dan memberikan dampak positif kepada reputasi perusahaan,
sesuai dengan objektif perusahaan