Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Setiawan, Jessica Putri Leona
Subject
HD30 Strategic Communication
Datestamp
2017-09-28 01:40:01
Abstract :
Berkembangnya jaman memunculkan beberapa media dan kajian baru yang perlu
dicermati oleh para praktisi komunikasi, pemilik usaha, dan PR agar dapat mengembangkan
saluran dan cara komunikasi yang mereka gunakan sehingga menjadi lebih efektif. Salah satu
kajian dan media baru yang muncul adalah social media. Social media kemudian mengubah
beberapa norma-norma tradisional dalam menjangkau publik dan stakeholder yang selama ini
menjadi salah satu tugas PR.
Dalam penelitian ini, diteliti sebuah kafe berbasis bisnis keluarga yang memiliki
tingkatan brand engagement yang cukup tinggi dilihat dari volume interaksi antara
konsumen atau konsumen dengan manajemen mengenai brand tersebut, serta jumlah share
dari konten social media kafe tersebut. Kafe tersebut adalah Ninotchka Coffee Parlor and
Diner. Peneliti menggunakan konsep PR 2.0, social media strategy wheel, dan brand
engagement untuk menganalisa strategi yang dilakukan oleh manajemen Ninotchka Coffee
Parlor and Diner.
Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus yang
mengamati pengelolaan akun instagram Ninotchka Coffee Parlor and Diner. Informan dari
penelitian ini adalah Sonia Eryka, owner dari Ninotchka Coffee Parlor and Diner, Silih
Agung Wasesa, Konsultan PR dari AsiaPR, dan Denny Santoso, Digital Marketer.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen Ninotchka Coffee Parlour and
Diner menetapkan distribution strategy mereka dengan menggunakan beberapa saluran
komunikasi online seperti blog, facebook, twitter dan menjadikan instagram sebagai saluran
komunikasi utama mereka, dari sisi tracking and monitoring strategy manajemen
menggunakan hashtag dan monitor review secara manual dari berbagai website-website
restaurant review, untuk communication or content optimization strategy manajemen
mengutamakan konten sebagai aspek terkuat mereka dimana setiap konten yang mereka
posting harus menarik dan dapat menciptakan sebuah interaksi di dalam social media,
sementara dari sisi engagement strategy, manajemen mengutamakan untuk menanggapi
setiap kritik dan saran dari customer serta mengapresiasi apa yang di posting oleh customer
dengan me-repost postingan customer dan terakhir dari sisi measurement strategy,
manajemen hanya mengukur dari banyaknya jumlah likes dan komentar dari postingan
mereka.. Selain itu, strategi yang digunakan oleh manajemen Ninotchka Coffee Parlour and
Diner difokuskan untuk membangun interaksi dan partisipasi dengan memusatkan pada
pengembangan konten