Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Rosalina, Margaretta Maria Riri
Subject
302.23 Media of Communication, Mass Media
Datestamp
2022-04-26 07:58:44
Abstract :
Maraknya peredaran produk-produk kecantikan baru yang berasal dari
negeri ginseng telah membuat resah salah satu merek produk kecantikan terbaik di
dunia, L?Oreal Paris Indonesia. Perusahaan menyadari bahwa persaingan di
industri kecantikan semakin ketat. Tak cukup hanya mengandalkan kualitas
produk yang sangat baik, tetapi diperlukan juga kreativitas dalam
mengembangkan promosi dan komunikasi sehingga lahirlah rasa dekat antara
individu dengan perusahaan. Pemanfaatan situs jejaring internet dirasa akan
sangat efektif saat ini. Implementasi kampanye digital dipilih oleh L?Oreal Paris
Indonesia untuk mengupayakan engagement yang kuat dengan para
konsumennya, terutama wanita.
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh
kampanye digital L?Oreal Paris Indonesia ?Women of Worth? pada facebook
terhadap brand engagement ? Jenis penelitian bersifat eksplanatif dengan
pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adakah survei. Peneliti
menggunakan teknik purposive sampling untuk mengambil sampel, yang berasal
dari fans yang melakukan like pada posting-an terkait Kampanye ?Women of
Worth? pada fanpage facebook L?Oreal Paris. Peneliti berhasil mendapatkan 55
responden.
Hasil uji koefisien korelasi Pearson menunjukkan adanya hubungan yang
sangat kuat dan positif antara kampanye digital L?Oreal Paris Indonesia
?Women of Worth? pada facebook (variabel independen) dengan brand
engagement (variabel dependen). Adanya kontribusi pengaruh yang diberikan
oleh variabel independen kepada variabel dependen sebesar 84.6%.