Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh salah satu ruang lingkup tugas Public
Relations untuk membuat program-program yang bermanfaat bagi kepentingan
dan kesejahteraan sosial, yaitu Corporate Social Responsibility. Permasalahan
yang diteliti oleh peneliti adalah bagaimana penerapan program Corporate Social
Responsibility ?I Wanna Get Home Safely!? milik Adira Insurance melalui proses
Public Relations untuk meningkatkan citra perusahaan.
Model komunikasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model
komunikasi Laswell yang erat hubungannya dengan propaganda. Selain itu,
penelitian ini juga menggunakan pemahaman mengenai Corporate Social
Responsibility dan citra perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif dan metode studi kasus. Metode
pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan studi
pustaka/dokumen.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program ?I Wanna Get Home
safely!? adalah bentuk dari propaganda dan kampanye melalui program Corporate
Social Responsibility. Hal tersebut merupakan usaha Adira Insurance di dalam
meningkatkan citra perusahaan ke arah yang semakin positif di mata masyarakat
seperti yang tampak dari perolehan penghargaan dan publikasi media mengenai program ?I Wanna Get Home Safely!?.