Abstract :
Dewasa ini persaingan di bidang pengelolaan tempat hiburan semakin
meningkat, khususnya di kawasan Serpong, Tangerang. Dalam menghadapi
persaingan ini, perusahaan harus memahami cara untuk menarik pengunjung dan
membangun loyalitas pengunjung. Loyalitas pengunjung merupakan faktor
penting dalam dunia bisnis, khususnya dalam usaha di bidang pengelolaan mal,
oleh karena itu perlu diterapkan strategi marketing communication yang dapat
membentuk loyalitas pengunjung. Salah satu strategi yang seringkali diterapkan
oleh mal ialah dengan mengadakan event.
Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana pelaksanaan program event
Jajan Jazz di mal Teraskota Entertainment Center dan pengaruhnya terhadap
loyalitas pengunjung. Paradigma penelitian positivis dan pendekatan kuantitatif
berjenis eksplanatif. Data diperoleh melalui survey yang dilakukan kepada 80
responden, dengan teknik penarikan sampel melalui teknik sampling kuota.
Responden dalam penelitian ini yaitu pengunjung mal Teraskota yang sudah
mengikuti event Jajan Jazz lebih dari sekali.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang kuat
antara program event Jajan Jazz terhadap loyalitas pengunjung mal Teraskota.
Koefisien korelasi sebesar 0,710 antara variabel X (program event) dengan
variabel Y (loyalitas pengunjung). Besar sumbangan variabel X sebesar 49,8%
kepada variabel Y, dan sisanya sebesar 50,2% merupakan hal-hal lain yang berada
di luar dari penelitian ini.