Abstract :
Taman Wisata Mekarsari merupakan pusat rekreasi agrowisata dengan
konsep taman buah tropis terlengkap dan terbesar di Indonesia. Taman Wisata
Mekarsari pada awal berdirinya merupakan taman yang dibangun untuk kebun
pembibitan dan produksi buah atau holtikultura, namun pada tahun 2004
Mekarsari berganti nama dari Taman Buah Mekarsari menjadi Taman Wisata
Mekarsari, dan melakukan re-positioning dari taman holtikultura menjadi taman
agrowisata kebun koleksi buah tropis hingga saat ini. Walaupun begitu persepsi
publik terhadap taman wisata ini tetap sebagai taman buah produksi. Oleh karena
Taman Wisata Mekarsari melakukan re-concept brand image sebagai taman buah
koleksi, dengan tujuan meluruskan persepsi publik bahwa Mekarsari adalah pusat
agrowisata yang memiliki kredo 4Si yaitu Konservasi, Reboisasi, Edukasi dan
rekreasi serta koleksi buah tropis terlengkap dengan konsep ?Tropical Fruit
Garden? .
Teori dan konsep yang digunakan dalam penelitian ini antara lain : Teori
Marketing Communications, Konsep Marketing Public Relations, Model
Perencanaan Strategis MPR, Brand Equity,Brand Positioning, Brand Association,
Brand Image, Brand Identity dan Special Events. Adapun metodologi yang
digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma post positivistik, dengan
pendekatan kualitatif-deskriptif, metode penelitian studi kasus, serta teknik
pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi kepustakaan.
Hasil dari penelitian ini menjabarkan bahwa strategi MPR yang digunakan
adalah melalui Special Event Pasar Buah Nusantara. Melalui event ini Taman
Wisata Mekarsari menyisipkan berbagai nilai-nilai untuk memberikan edukasi
mengenai kredo 4Si dan konsep sebagai taman buah koleksi. Secara umum
strategi ini efektif mencapai target evaluasi dalam hal peningkatan jumlah
pengunjung, pembelian tiket, omset penjualan dan publikasi media, namun disisi
lain strategi ini belum dapat memenuhi tujuan sebenarnya untuk memperkuat
brand image Taman Wisata Mekarsari sebagai pusat agrowisata terpadu
(konservasi, reboisasi, rekreasi dan edukasi) serta taman koleksi buah tropis.