Abstract :
Program Customer Relationship Managment atau CRM memang sudah
tidak asing bagi sebuah perusahaan atau organisasi, dimana pada perkembangan
jaman yang terus mengalami kemajuan baik secara teknologi, maupun sumber
daya manusia yang berkaitan dengan perusahaan akan melakukan strategi CRM
sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. CRM identik
dengan pelanggan, karena CRM yang menghubungakan pelanggan dengan
perusahaan guna mengetahui berbagai macam keinginan dan kebutuhannya.
Maka dari itu program CRM diperlukan untuk menjaga dan membina hubungan
baik antara perusahaan dengan konsumen. Dalam penelitian ini, akan dibahas
program CRM yang dilakukan oleh Century HealthCare untuk meningkatkan
loyalitas pelanggan dengan menggunakan MemberCard sebagai salah satu sarana
untuk memberikan kemudahan kepada pelanggan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan secara kualitatif dengan
paradigma post-positivis, dan dijabarkan secara deskriptif dengan menggunakan
metode studi kasus dengan menggunakan teori dan konsep tahapan CRM menurut
Kalakota dan Robinson. Untuk pengumpulan data, dilakukan dengan metode
wawancara mendalam, observasi, dan studi literatur.
Hasil penelitian menunjukan bahwa MemberCard sebagai salah satu
program CRM yang digunakan oleh Century HealthCare mampu untuk
mempengaruhi pelanggan untuk menjadi loyal terhadap Century karena
memberikan berbagai macam kemudahan dan keuntungan saat digunakan untuk
bertransaksi di outlet Century.