Abstract :
Penelitian kualitatif ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena di mana
terjadi peningkatan yang sangat signifikan dalam sektor jasa perhotelan. Hotel
Sintesa Peninsula di Manado tergolong baru namun dapat menarik perhatian yang
cukup besar serta luar biasa dari masyarakat yang ada di Sulawesi Utara
khususnya di Manado.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan strategi
komunikasi pemasaran Hotel Sintesa Peninsula Manado, serta bagaimana peran
PR dalam kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan dalam meningkatkan
tingkat okupansi Hotel Sintesa Peninsula Manado periode Januari 2013-Juni 2013.
Penelitian yang bersifat deskriptif ini menggunakan kerangka model perencanaan
strategi komunikasi pemasaran dari Chris Fill (2009) yang didukung dengan
konsep komunikasi pemasaran dari Philip Kotler (2008). Serta konsep dari
Wilcox (2003) dalam mendeskripsikan peran Public Relations SPH.
Hasil penelitian menunjukan bahwa SPH telah memanfaatkan kanal-kanal
komunikasi yang ada namun belum dijalankan secara maksimal. Sedangkan
terkait dengan PR, pemanfaatan peran SPH sangat luas orientasinya, namun masih
perlu kejelasan job descriptions terkait dengan tim Public Relations SPH.