Abstract :
Sebagian siswa SMA yang kurang tertarik pada mata pelajaran
Keterampilan Elektro disebabkan salah satunya adalah proses pembelajarannya
yang kurang tepat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan
pembelajaran mata pelajaran Keterampilan Elektro dengan menggunakan Model
Pembelajaran Picture and Picture pada siswa kelas X SMA NU AL MA?RUF
Kudus.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-6 SMA NU AL MA?RUF
Kudus yang berjumlah 40 siswa. Pengolahan data menggunakan kuantitatif
deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan pembelajaran maupun hasil prestasi siswa setelah menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture dalam proses pembelajaran dari test awal ke siklus I mengalami kenaikan rata-rata sebesar 20,5 % dan dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 5,14 %. Peningkatan perilaku dan sikap siswa pada siklus I ke siklus II mengalami
kenaikan rata-rata sebesar 9,3 %. Kenaikan rata-rata sikap dan perilaku guru dari siklus I ke siklus II rata-rata 5 %.
Atas dasar hasil penelitian yang dilakukan, disarankan pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture pada mata pelajaran Keterampilan Elektro di kelas X SMA, untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.