Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Rahmad Hari Setiyono , 7101407072
Subject
HB Economic Theory
Datestamp
2015-04-25 07:58:53
Abstract :
Hasil Observasi awal di SMA Negeri 2 Wonogiri menunjukan pencapaian
prestasi belajar belum maksimal. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi
prestasi belajar siswa, yaitu motivasi belajar, lingkungan keluarga, lingkungan
sekolah dan metode pembelajaran. Permasalahan yang dikaji yaitu, apakah ada
pengaruh motivasi belajar, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan metode
pembelajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IS
SMA Negeri 2 Wonogiri secara parsial, apakah ada pengaruh lingkungan
keluarga, lingkungan sekolah, dan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar
mata pelajaran akuntansi melalui motivasi belajar sebagai variabel moderating
pada siswa kelas XI IS SMA Negeri 2 Wonogiri secara parsial.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA
Negeri 2 Wonogiri yang berjumlah 120 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian
populasi. Variabel dalam penelitian ini yaitu motivasi belajar, lingkungan
keluarga, lingkungan sekolah, dan metode pembelajaran prestasi belajar siswa
kelas XI IS SMA Negeri 2 Wonogiri. Metode pengambilan data menggunakan
wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data yaitu analisis data
dan interpretasi skor, analisis konfirmatori, analisis Structural Equation Modeling
(SEM) dan uji asumsi SEM yang terdiri dari uji normalitas dan outliers.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh langsung antara
motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi sebesar 29,1%, ada pengaruh
langsung antara lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar akuntansi sebesar
25,1% ada pengaruh langsung antara metode pembelajaran terhadap prestasi
belajar akuntansi sebesar 22,1% dan ada pengaruh tidak langsung antara
lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, metode pembelajaran terhadap prestasi
belajar akuntansi dengan melalui motivasi belajar sebagai variabel moderating.
Pengaruh LK